Mengatasi Konflik Rumah Tangga, Beginilah Caranya!

Mengatasi Konflik Rumah Tangga, Beginilah Caranya!

Cara Mengatasi Konflik Rumah Tangga – Tiap pasangan pastinya punya momen beda pendapat dalam rumah tangga. Masing-masing juga punya cara dalam mengatasi konflik yang terjadi dalam rumah tangganya.

Ada pasangan suami istri yang berhasil mengatasi konflik, menyimpan dendam meski urusan sudah selesai, atau bahkan memendamnya. Anda perlu ingat, ketika kehidupan pernikahan selalu diwarnai pertengkaran, jangan sampai kita dikendalikan oleh emosi. Hal tersebut hanya akan memperburuk keadaan.

Kenapa begitu sahabat aura?

Ya, itu Karena ketika berada dalam masalah dan merasa dalam tekanan, kemudian kita marah pada orang-orang sekitar, yang kita dapatkan akhirnya adalah perasaan kesepian dan terisolasi.

Nah, supaya hubungan suami istri tidak ‘memanas’ ketika ada masalah, berikut adalah cara mengatasi konflik rumah tangga.

Simak bersama ya, sahabat aura.

 

Baik sahabat aura, berikut ini adalah Cara Mengatasi Konflik Rumah Tangga.

1.Awali dengan kata “Saya Merasa…” jika mulai terjadi konflik rumah tangga.

Kadang pertengkaran jadi keributan besar ketika masalahnya tidak jelas. Karena itu, sebelum terjadi pertengkaran, sebaiknya kita sudah lebih dulu mengidentifikasi akar permasalahannya.

Untuk mengatasi konflik rumah tangga, kita perlu belajar dengan kata ‘Saya merasa…’, lalu tambahkan dengan ungkapan bahwa kita membutuhkan pasangan. Dengan memulai percakapan seperti itu, kita mengurangi level pertengkaran yang terjadi.

Kalimat ‘Saya merasa…’ dapat membantu saat mengungkapkan emosi negatif dan seberapa intens perasaan tersebut. Hal ini juga memberi sinyal pada pasangan tentang seberapa genting masalah tersebut bagi kita.

 

2.Redam Emosi dengan Berbaikan untuk mengatasi konflik rumah tangga.

Setelah ada pihak yang mengutarakan perasaan dan masalah, maka langkah selanjutnya adalah berbaikan. Ucapkan kata maaf, peluk pasangan, tunjukkan bahasa kasih yang disukai pasangan, beri perhatian dan empati.

Dengan begitu, pasangan yang sedang kesal dapat menurunkan emosinya. Sayangnya, kadang upaya berbaikan ini tidak berhasil atau pasangan yang menerima keluhan cepat terpicu amarah. Bila ini yang terjadi, kita bisa lakukan langkah berikutnya untuk mengatasi konflik rumah tangga.

 

3.Jika Emosi Tak Terbendung, Ambillah Waktu Sejenak, jangan terburu-buru dalam mengatasi konflik rumah tangga.

Saat sampai di titik amarah yang tak bisa diredakan lagi, kedua belah pihak perlu menyadari bahwa mereka harus mengambil waktu masing-masing sebelum melanjutkan diskusi. Pembicaraan yang dilakukan dalam kondisi marah pastinya akan sulit menemui titik temu.

Biarkan pikiran dan hati menjadi jernih dahulu, baru Anda kembali berdiskusi atau membicarakan masalah yang terjadi diantara anda dan pasangan untuk mengatasi konflik rumah tangga Anda.

 

4.Utarakan Unek-unek atau Ganjalan Dihati dengan Baik dan Selesaikan Masalah Anda dan Pasangan.

Pertengkaran yang terjadi antara suami-istri kadang menciptakan luka di hati. Nah, luka ini perlu disembuhkan agar tak mengganggu hubungan rumah tangga.

Upaya penyembuhan luka bisa berupa perhatian dan empati, serta menyadarkan bahwa kita dan pasangan ada di satu perahu yang sama. Dalam menyelesaikan ganjalan, ada tiga hal yang harus dilakukan, antara lain: Mengungkapkan ganjalan dihati, lalu Minta maaf, kemudian yang terakhir Mengampuni dan melupakan

 

5.Hindari KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga).

Kekerasan dalam rumah tangga tidak akan pernah menyelesaikan masalah yang ada, justru akan menimbulkan masalah-masalah lainnya yang bisa membuat konflik rumah tangga semakin besar. Oleh karena itu, hindarilah KDRT. Selesaikan masalah Anda dan pasangan secara dewasa dan bicarakan dengan baik-baik.

Semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Sabar dan tetap berjuang walaupun banyak rintangan dan halangan dalam menjalani rumah tangga Anda.

 

Baik sahabat aura, sekian pembahasan kali ini, semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda mempunyai konflik dalam rumah tangga, jangan pernah Anda pendam sendiri, cobalah untuk berbagi cerita ke orang yang Anda percayakan.

 

Anda juga bisa konsultasikan masalah rumah tangga Anda kepada saya di nomor 081226888102. Dan Anda juga bisa mengunjungi channel youtube saya, Dewi Aura Pakar Buka Aura.

 

Terimakasih telah menyimak artikel ini hingga akhir, semoga konflik rumah tangga yang sedang Anda hadapi saat ini bisa berakhir dengan baik dan bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply