Pentingnya Pengembangan Diri

Pentingnya Pengembangan Diri

Ada banyak orang sukses di dunia ini, kita melihat kualitas hidup mereka yang luar biasa baik, dan bagaimana mereka begitu dermawan dengan membagikan kekayaan dan waktunya untuk dunia yang lebih baik, menyumbang di sana sini di berbagai belahan dunia untuk kebaikan orang banyak, bahkan ada yang waktunya diberikan sepenuhnya untuk melayani orang lain. Dan mereka melakukan hal tersebut dalam kondisi yang sudah berlebihan, bukan kekurangan dan menjadikan pelayanan untuk umat ini hanya sebagai pelarian dari masalahnya semata. Selain kualitas hidup yang luar biasa, mereka ini juga memiliki kualitas yang luar biasa jika dilihat dari karir ataupun usaha/bisnisnya. Inilah yang menyebabkan mereka bisa berbagi begitu luar biasanya untuk sesama. Kekayaan mereka sudah sangat berlebihan, sistem dan perencanaan yang mereka bangun sudah menjadi sebuah perusahaan yang bisa bekerja dengan sendirinya, auto pilot, tanpa mengharuskan kehadiran mereka secara fisik. Jika kita melihat ini, cobalah kita juga melihat kualitas individu mereka ini. Bagaimana mereka berpikir, dan bertindak serta merencanakan hidup mereka. Ini adalah sebuah hasil pengembangan diri yang terus menerus tanpa pernah berhenti.

Banyak orang sukses, yang melakukan proses pengembangan diri, mereka melakukan proses ini ada yang tanpa disadari, sehingga mereka terus menerus berusaha meningkatkan kualitas diri, bukan hanya ketika mereka sudah sukses, tapi jauh hari sebelum sukses, mereka ini sudah mengembangkan diri mereka sendiri, konsistensi mereka dalam mengembangkan diri ini benar benar teruji dan terlihat hasilnya, saat inilah mereka mendapatkan kekayaan dan kualitas diri yang begitu luar biasa. Ada juga yang dengan sengaja, dengan sadar melakukan pengembangain diri, karena mereka menyadari mereka bukan siapa siapa, dan mereka ingin menjadi seseorang yang lebih baik di masa depan. Mungkin jika kita bisa melihat masa lalunya, kita juga pastinya berdecak kagum, karena mereka sangat konsisten dalam membenahi diri mereka sendiri. Mungkin sesekali mereka ini sempat jatuh, tapi mereka melakukan introspeksi diri dengan benar, agar tidak lagi terjebak di tempat yang sama, tidak lagi terpuruk, tidak lagi melakukan kesalahan yang berulangkali.

 Kenapa mereka yang melakukan pengembangan diri bisa mendapatkan kesuksesan? Kesuksesan dalam kehidupan kita ini berawal dari diri kita sendiri, bisa kita bayangkan apa jadinya jika kita selalu melakukan pembenahan diri dari waktu ke waktu. Tentunya hal ini dilakukan dalam sebuah kerangka atau acuan yang kita tulis dalam rencana hidup kita sendiri. Ingin seperti apa kita nantinya? Ingin menjadi apa? Apa yang ingin kita dapatkan ? Kapan ? Pada usia berapa ? dan lain sebagainya.

Investasi bagi kehidupan kita adalah diri kita sendiri, diri kita yang bisa bertambah baik kualitasnya dari waktu ke waktu. Mereka yang konsisten dalam mengembangkan diri akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya adalah :

1. Sadar Akan Kekurangan Diri

Salah satu hal dari faktor di dalam pengembangan diri adalah Intropeksi diri, introspeksi diri mampu membuat seseorang menyadari bahwa ia adalah makhluk yang lemah, memiliki banyak kekurangan, dan sering melakukan kesalahan. Dengan menyadari bahwa banyak kekurangan dan kesalahan yang sudah diperbuat, tentu saja ia akan berusaha untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahannya, berusaha menjadi mahluk Tuhan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Mendorong diri untuk menjadi lebih baik

Jika kita konsisten dalam Melalui Intropeksi diri, kita akan sadar akan lemahnya dirinya, sehingga ini akan menuntutnya untuk melakukan hal yang terbaik untuk dirinya. Menyesal dan berusaha untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan yang sudah diperbuat. Bertobat adalah sebuah proses untuk menyadari kekurangan dan kesalahan dan berjanji untuk tidak melakukan kembali. Ini artinya ada sebuah usaha untuk memperbaiki diri.

3. Tidak Mencari Kambing Hitam

Jika kita bisa melakukan pengamatan atas diri kita sendiri, berarti kita sudah punya rencana yang baik, jika kita sudah melakukan hal ini, maka kita sudah mulai melakukan introspeksi diri, kita sadar kesalahan dan kekurangan kita, dan selanjutnya juga menyadari bahwa apa yang terjadi adalah karena dan berawal dari diri kita sendiri. Jika ini dilakukan maka kita tidak akan mencari kambing hitam atas masalah yang terjadi, kita tidak akan terbiasa menyalahkan orang lain atas apa yang kita alami.

4. Tanggung Jawab

Intropeksi diri merupakan renungan atas pikiran dan perasaan kita sendiri, mereka yang sudah dapat masuk ke dalam kondisi tenang dan bebas dari energi negatif akan mampu untuk menyadari kesalahan dan kekurangan kemudian melakukan sesuatu untuk memperbaiki kesalahan dan merubah hal tersebut menjadi faktor pendukung utamanya dalam keberhasilan. Inilah sebuah usaha yang nyata dari pengembangan diri. Dari sinilah, akan timbul sikap tanggung jawab atas segala hal yang akan dilakukan dan lebih peka untuk menghindari kesalahan.

5. Bijaksana

Jika kita bisa paham akan diri kita sendiri, bagaimana pikiran kita bekerja, bagaimana perasaan kita bekerja, maka akan membuat diri kita lebih bijaksana dalam menyikapi apapun kondisi yang terjadi. Intropeksi diri akan membuat seseorang lebih berusaha mengakui dan memperbaiki kesalahannya, dan mengambil langkah terbaik yang harus ia lakukan, demi dirinya sendiri, orang lain, dan bangsa serta alam semesta yang lebih baik.

6. Terencana

Intropeksi diri merupakan sebuah pemantik/pemicu munculnya potensi energi positif dalam diri yang bisa menjadi modal bagi perjalanan seseorang dari keterpurukan kepada keberhasilan. Artinya, melalui intropeksi diri, ia bisa mengambil keputusan terbaik atas langkah yang harus ia lakukan demi hari esok yang cemerlang dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Sebuah kapal yang akan berlayar pasti membutuhkan petunjuk arah. Namun tak kalah pentingnya adalah selalu mengetahui posisi yang benar ketika di lautan lepas. Karena sedikit kekeliruan membuat kapal tersesat dan kehilangan arah. Demikian halnya kehidupan kita. Secara berkala kita perlu evaluasi. Ada banyak peristiwa di mana kita harus belajar dan membiasakan introspeksi diri. Bercermin untuk mengetahui kekurangan dan kelemahan pribadi, agar dapat mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Introspeksi diri sangat diperlukan karena : Proses tidak selalu berjalan konstan. Pengalaman yang serupa tidak selalu memberi hasil yang sama. Selalu ada keterbatasan dan perbedaan sudut pandang. Tiap masalah memiliki titik kritis terseselsaikan.melalui introspeksi diri kita akan mampu menemukan makna dari setiap tujuan yang kita miliki dan akan semakin memastikan, apakah tujuan yang telah kita tetapkan sebelumnya sudah terarah atau belum. Sudahkah kita melakukan pengembangan diri kita sendiri sehingga diri kita memiliki kualitas yang baik? Sadarkah kita bahwa introspeksi yang harus kita lakukan dari waktu ke waktu membuat kita makin paham bahwa hidup kita perlu direncanakan, agar tau kemana arah dan tujuannya. Karena Sering kita melihat kesalahan orang lain bahkan mengkritik kesalahan yang dibuat orang lain, sadarkah kita bahwa kita pun sering berbuat salah, melalu cara intropeksi diri sendiri kita dapat memahami kekurangan dan kelebihan yang kita miliki.

Leave a Reply