Cara Memilih Wanita Yang Baik Menurut Islam

Cara Memilih Wanita Yang Baik Menurut Islam – Pilihlah wanita yang :

  1. Memiliki Agama yang Bagus

Wanita yang sholehah dan rajin dalam ibadah adalah kriteria istri yang baik dibanding wanita yang hanya memiiki paras begitu cantik.

Mengapa demikian ? Ya, karena memang cantik itu bukan ssesuatu yang abadi. Sedangkan agama memang merupakan bekal dunia bahkan akhirat.

  1. Berakhlak Baik

Nah, jika agama sudah baik maka sebenarnya masih belum berarti apa – apa jika akhlaknya masih belum mau berbenah menjadi semakin baik pula.

Misalnya, jika berbicara tidak menggunakan suara yang keras bahkan berteriak – teriak, tidak sombong dan bukan wanita yang terlalu banyak bicara mengenai banyak hal atau ghibah.

  1. Berasal dari Keturunan Baik – Baik

Lebih baik Anda memilih pasangan yang berasal dari lingkungan baik-baik dan mengerti agama. Selain itu jalur nasabnya juga jelas. Dengan demikian nantinya hubungan dua keluarga juga bisa lebih lancar.

Karena lahirnya keturunan yang baik dari keluarga yang baik adalah salah satu perintah Allah yang tercantum di dalam al-Qur’an.

  1. Sekufu (sederajat)

Sekufu’ ini berarti setara dalam hal nasab, adat-istiadat, kedudukan sosial, serta agama. Meskipun demikian, banyak ulama yang menjelaskan bahwa sekufu dalam hal agama lah yang sebenarnya paling di utamakan.

Jadi, kedudukan sosial yang lebih rendah tidak menjadi masalah karena kedudukan manusia sejatinya berdasar iman dan taqwa.

  1. Berpendidikan

Pendidikan yang di maksud tidak melulu harus berdasar ilmu pengetahuan namun juga agama. Wanita yang berpendidikan bisa menjadi bekal baik untuk bisa merawat anak – anak anda di masa depan.

  1. Kecantikan dan Harta Sebagai Pertimbangan

Kecantikan dan harta hanyalah sebuah nilai tambah saja. Boleh saja mempertimbangkan kecantikan dan hartanya, tapi sebaiknya tidak dijadikan patokan utama.

Yang paling penting di utamakan adalah dalam hal agamanya agar tercipta keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah.

  1. Subur Peranakannya dan utamakan gadis

Hal ini diperjelas dalam hadist riwayat Ibnu Majah dan Imam Baihaqi yang isinya, “Menikahlah dengan seorang wanita yang masih gadis, sebab ia lebih lembut mulutnya, lebih lengkap rahimnya, dan lebih menerima keadaan.”

  1. Mudah Dilamar

 “Sesungguhnya wanita yang membawa berkah yaitu bilamana ia mudah dilamar, murah maskawinnya, dan subur peranakannya.” (Hadist Riwayat Ibnu Hibban dan Hakim)

  1. Penyabar

Ini juga merupakan karakter seorang istri yang baik menurut Islam karena bisa menciptakan suasana keluarga yang harmonis.

  1. Wanita yang Punya Rasa Malu

Malu disini bukan dalam artian seorang wanita yang minder. Tetapi sosok yang menjaga dirinya dari perbuatan maksiat.

Jika Anda butuh bantuan untuk konsultasi seputar permasalahan rumah tangga, silahkan Anda bisa konsultasi di nomor 081226888102. (Telepon/sms/WhatsApp).

Semoga kita semua mampu menjaga diri kita dari perbuatan yang membuat Allah SWT murka. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *